Senin, 14 Agustus 2017

Pengertian VLAN Dan Fungsinya

YogiArbonCommunity.blogspot.com

PENGERTIAN VLAN DAN FUNGSINYA

Sebuah Local Area Network ( LAN ) pada dasarnya diartikan sebagai network dari kumpulan komputer yang berada pada lokasi yang sama. Sebuah LAN diartikan sebagai single broadcast domain, artinya ada sebuah broadcast informasi dari seorang user dalam LAN, broadcast akan diterima oleh setiap user lain dalam LAN tersebut. Broadcast yang keluar dari LAN bisa difilter dengan router. Susunan dari broadcast domain tergantung juga dari jenis koneksi fisik perangkat networknya. Virtual Local Area Network ( VLAN ) dikembangkan sebagai pilihan alternatif untuk mengurangi broadcast traffic.






a. Apa itu VLAN ?
VLAN ( Virtual Local Area Network ) adalah fungsi logik dari sebuah switch. Fungsi logik ini mampu membagi jaringan LAN ke dalam beberapa jaringan virtual. Jaringan virtual ini tersambung ke dalam perangkat fisik yang sama. Implementasi VLAN dalam jaringan memudahkan seorang administrator dalam membagi secara logik group – group workstation secara fungsional masing – masing terhubung dengan workstation yang lain dalam sebuah HUB. Perangkat ini akan menyebarkan semua mencoba mengirim informasi pada waktu yang sama, sebuah tabrakan ( collision ) akan terjadi dan semua pengirimian data akan hilang. Jika terjadi tabrakan ( collision ), pengiriman data akan disebar di seluruh network oleh HUB. Informasi data terus mengirim sampai dengan collision hilang, dengan demikian akan banyak membuang waktu dan resource ( sumber daya ). Untuk mengatasi tabrkan ( collision ) di sebuah network, perlu digunakan sebuah bridge atau sebuah switch. Perangkat ini tidak akan mem-forward tabrkan ( collision ), tapi bisa melewatkan broadcast ke setiap user di network dan multicast. Sebuah router digunakan untuk mencegah broadcast dan multicast dari lalu lintas data network.

b. Apa fungsi VLAN ?
Menurut IEEE standard 802.1Q, virtual LANS menawarkan sebuah metode untuk membagi satu fisik network ke banyak broadcast domains. Dalam network besar, broadcast domain ini biasanya sama dengan batas IP subnet, masing – masing subnet mempunyai satu VLAN. Sebuah VLAN membolehkan banyak virtual LANS berdampingan dalam sebuah fisik LAN ( switch ). Artinya jika ada dua mesin yang terhubung dalam switch yang sama tidak dapat mengirim ehernet frames ke mesin lain meskipun dalam satu kabel yang sama. Jika dibutuhkan untuk komunikasi, sebuah router harus ditempatkan di antara dua VLAN tersebut untuk mem-forward paket, seperti jika ada dua LAN yang secara fisik terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar